Kandungan Manfaat Dalam Daun Kersen Bagi Kesehatan Tubuh

Apakah kalian mengenal yang namanya tanaman kersen? Tanaman kersen ini merupakan tanaman yang biasa tumbuh di dataran tropis dan memiliki buah yang manis dan berwarna merah ketika sudah matang. Tanaman ini biasanya bisa kita jumpai di pinggir jalan.

Buahnya yang berwarna merah dan kecil-kecil sering kali di sebut dengan sebutan buah ceri, padahal namanya bukanlah itu. Buah ini sering menjadi mainan atau pun santapan anak-anak yang lahir pada tahun 2000 kebawah, dan mungkin saja sampai sekarang masih ada anak-anak yang doyan dengan buah ini.

Jika yang sering di konsumsi adalah buahnya, apakah kamu tahu juga jika daun dari tanaman kersen ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh?

Nah, agar wawasan kamu bertambah. Berikut ini sudah kami rangkul beberapa khasiat dan manfaat dari daun kersen bagi tubuh. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Anti-inflamasi

Inflamasi adalah salah satu reaksi tubuh dalam merespon luka pada jaringan tubuh yang bisa di sebabkan oleh banyak hal, seperti zat kimia, zat mikrobiologi, maupun trauma fisik, dan itu adalah hal normal yang dilakukan tubuh.

Di kutip dari sebuah studi yang tercatat dalam jurnal Farmasi Indonesia, daun dari tanaman kersen memiliki kandungan senyawa yang bisa menghasilkan efek anti-inflamasi. Senyawa-senyawa yang ada di dalamnya ialah tanin, flavonoid, alkaloid, terpenoid, saponin, dan steroid. Masing-masing senyawa ini memiliki fungsi kerja yang berbeda beda dalam menurunkan inflamasi.

2. Anti-bakteri

Mengingat kandungan flavonoid,tanin, polifenol, dan saponinĀ  yang ada dalam daun kersen ini, tentu saja membuat daun dari tanaman ini menjadi salah satu alternatif obat-obatan alami yang sudah banyak di gunakan masyarakat sebagai obat anti-bakteri.

Penelitian yang tercatat pada tahun 2013 silam membuktikan bahwa ekstrak dari daun kersen dapat memperlambat aktivitas enzim yang di produksi dari bakteri streptococcus mutans, bakteri ini menjadi salah satu bakteri yang berkaitan dengan masalah kesehatan gigi.

3. Antioksidan

Seperti yang kita ketahui, antioksidan adalah salah satu senyawa yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas itu sendiri biasanya terdapat dalam polusi udara, sinar matahari, dan asap rokok.

Ekstrak metanol dari daun kersen mengandung antioksidan yang sangat kuat.