Mimisan, Fakta Menariknya Serta Tips Pada Saat Mimisan

Apakah anda termasuk orang yang gampang mimisan? atau anda mempunyai teman yang sering mengalami mimisan? jika hal tersebut terkena oleh teman anda ataupun orang terdekat anda, maka anda wajib menyarakan orang tersebut untuk membaca artikel ini.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang mimisan. Mimisan atau yang biasa di sebut sebagai Epistaksis dalam ilmu kedokteran merupakan suatu kondisi dimana hidung mengeluarkan darah baik dalam jumlah banyak maupun dalam jumlah sedikit. Kondisi demikian memang terlihat sangatlah menyeramkan dan sepertinya berbahaya, tetapi sebenarnya mimisan bukanlah suatu penyakit atau kebiasaan yang berbahaya.

Menurut penelitian yang di lakukan oleh Harvard University, Mimisan di alami oleh 90% manusia yang ada di muka bumi ini, dan lebih biasa menimpa anak kecil berumur 3-10 tahun ataupun lansia. Lantas mengapa hal tersebut bisa terjadi? Berikut kami berikan beberapa hal yang bisa memicu terjadinya mimisan :

– Mimisan terjadi di karenakan pecahnya saluran darah yang ada di dalam hidung
– Mimisan terjadi di karenakan Infeksi pada hidung yang di akibatkan dari penyakit Flu
– Mimisan terjadi di karenakan Alergi
– Mimisan terjadi di karenakan Sinusitis
– Mimisan terjadi di karenakan Terlalu Panasnya organ dalam tubuh

Jadi berdasarkan beberapa fakta di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa mimisan bukanlah penyakit yang di takuti tetapi hal tersebut perlu di perhatikan. Tetapi apabila mimisan sudah sangat sering terjadi, kondisi demikian kemungkinan harus segera di bawa ke dokter untuk di lakukan pengecekan. Beberapa penyakit berbahaya seperti pengumpalan darah di otak, kanker, serta Tumor terkadang juga bisa memicu terjadinya mimisan yang berulang-ulang.

Beberapa tips yang akan kami berikan untuk menangani mimisan sebagai berikut :

– Duduk tegak dengan posisi kepala lurus, hal tersebut berguna untuk mengeluarkan darah yang ada untuk keluar seluruhnya, jangan mencoba menekukkan kepala agar darah tidak keluar lagi, di karenakan hal tersebut bisa memicu pembekuan darah di otak nantinya.
– Mimisan adalah suatu proses pengeluaran darah dari hidung, jadi keluarkan saja semua darahnya biarkan mengalir keluar, usahakan tidak menahan darah tersebut.
– Apabila kesulitan bernapas dari hidung, ada baiknya anda bernapas dengan menggunakan mulut, tetapi di harus di ingat bahwa untuk menghindari meminum darah yang keluar pada saat bernapas dengan mulut.
– Tips terakhir adalah mengkompres pangkal hidung dengan air hangat, dan hindari mengkompres dengan air dingin maupun es, menggunakan air hangat untuk mengkompres bisa membuat aliran darah keluar lebih lancar dan tidak terjadi pembekuan darah di dalam hidung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *