Selain Wortel, Makanan Ini Yang Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Hasil gambar untuk Selain Wortel, Makanan Ini Yang Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Wortel termasuk jenis makanan yang paling dikenal manfaatnya untuk kesehatan mata. Namun, perlu diketahui, bahwa bukan hanya wartel, sejumlah makanan yang memiliki kandungan lutein, vitamin, C, vitamin E, asam lemak omega – 3 dan juga seng bisa menjadi pilihan utama dalam menjaga kesehatan mata anda. Semua zat yang terkandung didalam makanan tersebut bisa membantu dalam mencegah munculnya degenerasi makula serta katarak yang disebabkan oleh faktor usia.

╛Telur

Kandungan sejumlah zat gizi pada telur dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan pada mata. Seperti, zeaxanthin, lutein, dan seng bertugas meningkatkan kesehatan mata dengan menurunkan tingkat degenerasi makula. Sedangkan vitamin A dan lutein bisa melindungi mata dari kekeringan dan kebutaan pada malam hari.

╛Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung lutein serta zeaxanthin yang merupakan karotenoid dan bisa ditemukan pada retina. Sejumlah makanan yang memiliki kedua jenis zat gizi ini mempunyai sifat antioksidan yang bisa membantu dalam menurunkan risiko dari pengembangan degenerasi makula dan juga katarak.

Cara kerja lutein serta zeaxanthin ini yaitu dengan meningkatkan kepadatan pigmen yang terdapat dalam makula dengan menetralkan radikal bebas, menyerap kelebihan cahaya biru dan ultraviolet sehingga makanan yang mengandung kedua jenis zat gizi ini dipercaya bisa membantu dalam melindungi mata dari kerusakan.

╛Buah Berry dan Sitrus

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah Berry dan Sitrus ini diyakini bisa membantu dalam menurunkan tingkat risiko degenerasi makula dan serta katarak.

╛Ikan

Ikan memiliki kandungan berupa asam lemak omega – 3 yang dapat bermanfaat bagi kesehatan mata. Terlebih asam lemak omega – 3 tersebut juga bisa membantu mencegah degenerasi makula, katarak serta kekeringan pada mata. Untuk asam lemak ini dapat dijumpai pada retina yang terdapat di dalam mata anda. Saat kadar lemak menurun maka dapat memicu timbulnya kekeringan pada mata.

╛Gandum

Gandum ataupun biji – bijian seperti oat, roti gandum, beras merah, pasta gandum dan quinoa dapat menjaga kesehatan mata. Hal tersebut karena mereka semua memiliki kandungan seng, vitamin E dan vitamin B3. Perlu diketahui, bahwa setiap makanan yang mengandung rendahnya indeks glikemik dapat menjadi salah satu pilihan utama dalam menurunkan tingkat timbulnya degenerasi makula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *