Penyebab Suara Mendadak Hilang

Gambar terkait

Untuk suara yang tiba – tiba hilang biasanya merupakan suatu kondisi yang bisa dikatakan cukup umum terjadi. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh sejumlah gangguan yang terjadi pada getaran pita suara seperti adanya pembekakan ataupun peradangan.

Ini tentu dapat merambat ke satu atau dua pita suara jadi melemah hingga tidak bisa digunakan yang pada akhirnya membuat suara menjadi hilang. Adapun beberapa penyebab kondisi ini terjadi, antara lain

◙ Penggunaan Suara Secara Berlebihan

Penggunaan suara secara berlebihan sampai melampaui batas bisa menjadi salah satu penyebab suara menjadi hilang. Saat kita menggunakan kemampuan dari pita suara secara berlebihan seperti berteriak untuk mendukung tim kesayangan maka kedua pita suara tersebut secara perlahan akan melemah dan akhirnya terluka. Untuk itu usahakan menghindari berbicara, menyanyi atau pun berteriak terlalu sering dalam menjaga kesehatan pita suara anda.

◙ Penyakit GERD

Penyakit GERD merupakan suatu kondisi dimana saat asam lambung anda kembali mengalir ke kerongkongan, memicu timbulnya rasa terbakar pada bagian dada dan juga bisa menghilangkan suara ketika sedang ingin berbicara.

Kondisi ini biasanya dikarenakan asam lambung kembali naik ke kerongkongan sehingga memicu timbulnya iritasi pada bagian pangkal tenggorokan ( laring ) dalam tubuh. Ketika laring dalam tubuh mengalami iritasi maka tentu ini akan berakibat ke pita suara menjadi bengkak sehingga suara menjadi serak dan perlahan hilang. 

◙ Pilek

Dilansir dari Cleveland Clinic, bahwa pilek merupakan salah satu penyebab yang sangat umum terjadi ketika suara hilang. Umumnya saat anda berbicara, udara yang masuk dan melewati saluran kotak suara pada tenggorokan dapat bersentuhan dengan pita suara sehingga bergetar serta menghasilkan suara. Untuk itu, ketika anda sedang mengalami pilek maka dapat memicu timbulnya peradangan pada pita suara yang berdampak ke suara menjadi serak dan perlahan menjadi hilang.

◙ Merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat berdampak pada kesehatan tubuh, termasuk pita suara dalam jangka waktu yang cukup lama.Saat seseorang merokok, perlu berhati – hati karena asap yang berasal dari rokok ini jika dihirup akan masuk ke dalam tenggorokan sehingga dapat terjadi iritasi pada pita suara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *