Suka Marah Ternyata Punya Efek Negatif Bagi Kesehatan

Suka Marah Ternyata Punya Efek Negatif Bagi Kesehatan

Marah merupakan hal yang mungkin di alami oleh setiap orang ketika merasakan kesal, kecewa ataupun frustasi. Marah sebenarnya melepaskan energi yang cukup banyak dari tubuh kita sehingga tidak jarang kita akan merasa sangat kelelahan kehabis marah-marah. Dari penelitian badan kesehatan di ketahui bahwa marah ternyata mempunyai dampak yang buruk terhadap kesehatan kita. Berikut ini hal yang mungkin kita alami jika marah menjadi rutinitas yang kita lakukan hampir setiap hari:

1. Stres berlebihan
Luapan emosi ketika marah dapat memicu rasa stress yang ada pada otak kita sehingga tidak jarang orang yang marah-marah akan cenderung merasakan stres setiap saat. Stres sendiri sangat berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

2. Serangan Jantung
Hal berbahaya yang mungkin akan menyerang kita ketika kita marah adalah serangan jantung dan juga stroke. Jantung yang tidak mampu menahan luapan emosi ketika marah akan berakibat pada serangan jantung yang mampu menyebabkan kematian seketika.

3. Gangguan Tidur
Seorang yang cenderung mempunyai sifat marah akan selalu bermasalah dengan jam tidurnya. Hal ini di sebabkan karena banyaknya pikiran atas masalah-masalah yang menyebabkan kemarahan tersebut timbul. Kekurangan tidur jelas akan berdampak pada gangguan kesehatan lainnya pada tubuh kita.

4. gangguan Pernafasan
Asma menjadi salah satu penyakit yang mungkin saja diderita oleh sebagian orang yang sering marah. Tabiat tidak baik seperti marah akan menyebabkan seseorang susah untuk bernafas dan terkena asma.

5. Sakit kepala
Sakit kepala juga merupakan gangguan kesehatan yang akan dialami oleh seorang pemarah. Hal ini dipicu oleh pembuluh darah di dalam otak yang akan berdenyut secara tidak beraturan ketika seseorang sedang marah.

Itulah sederetan gangguan kesehatan yang mungkin menyerang kita apabila kita mempunyai sifat pemarah. Amarah yang ada di dalam hati kita perlu di kelola dengan baik karena kesehatan tidak hanya berbicara soal fisik saja namun kesehatan rohani kita juga dapat berdampak pada tubuh. Pada umumnya sifat pemarah mungkin di miliki oleh banyak orang dengan usia lanjut namun pada era yang sudah modern sekarang ini banyak sekali kaum muda yang terlibat dalam konflik sehari-hari baik dalam lingkungan pekerjaan maupun saat berada di rumah ketika berinterasi dengan orang-orang terdekat mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *